Menurutku Blogger itu dapat dikategorikan menjadi 3 bagian utama:

  1. Pro-blogger yang seperti professor, blogger pada kategori ini sering menuliskan pengetahuan mereka yang tidak terdapat di buku, dan mereka mencoba untuk membagi ilmu yang mereka miliki dan ilmu yang berasal dari buku kepada para pembaca blognya. Pro-blogger seringkali menuliskan hal-hal yang sama seperti halnya professor yang mengajar bahasan yang sama setiap tahunnya dengan sedikit modifikasi pada hal-hal tertentu.

    Ada dua alasan untuk ini: a) Terlalu sibuk mengajar setiap hari sehingga sukar untuk melakukan terobosan baru (ada satu falsafah yang berbunyi, jika kamu mengucapkan hal-hal yang sama setiap kali, otakmu tidak memiliki kesempatan untuk menjadi kreatif) b) Bahan dan pemikiran udah terdapat di blog. Apabila udah terdapat sesuatu hal yang ingin dibahas dib log, kenapa tidak menggunakannya lagi?
  2. Peneliti. Ketimbang membahas hal-hal yang udah pernah ada, para peneliti berusaha keras untuk menghadirkan ide-ide baru.

  3. Pelajar dan amatir yang memiliki antusiasme tinggi, tetapi belum memiliki pengetahuan yang mencukupi. Mereka mendiskusikan apa yang mereka pelajari.

Seseorang yang mampu mengajar dan berhubungan dengan amatir memiliki kemungkinan yang sangat efektif dalam me-monetisasi blog-nya. Kebanyakan blog menggabungkan ketiga jenis blogger di atas.

Pelajari subjek tertentu, temukan hal-hal yang disukai oleh orang lain (biasanya seseorang menyukai blog yang memiliki kesamaan ketertarikan dengannya), kembangkan suatu bahasan dan mulai mengajar. Ketika udah sampai satu semester, ulangi lagi bahasan tersebut. Hal yang paling penting adalah jadilah seseorang yang dapat dipercaya.

0 komentar