SEO pada postingan disebut optimasi postingan. Kesukesan suatu blog tergantung pada postingan blog. Saya tidak mengada-ada dengan kata-kata tersebut, pemasaran adalah suatu hal yang perlu dilakukan tetapi bukanlah suatu hal yang mesti dilakukan. Ada banyak tips dan semacam hal yang perlu dilakukan dan hal yang tidak perlu dilakukan yang ditulis oleh ribuan bloger, tidak tahu apakah mereka memiliki kapabilitas atas hal yang mereka tulis. Menurut pengalaman Saya, memang sulit untuk menempati posisi teratas di search engine untuk suatu blog atau postingan pada layanan blog hosting gratisan, tetapi tidaklah terlalu sulit. Postingan yang terstruktur dengan baik dapat menempati posisi teratas pada hasil pencarian.

Lalu, apakah yang menyebabkan suatu postingan dikatakan bagus? Hal ini masih belum diketahui penyebabnya, bagaimana suatu search engine memberikan rangking halaman. Apapun yang telah dikemukakan tentang Search Engine Rangking Position (SERP) hanyalah suatu asumsi dan berdasarkan rangkaian penelitian. Di bawah ini beberapa factor yang mempengaruhi rangking suatu postingan.

Konten/Isi

Konten adalah raja. Beberapa hari yang lalu, Saya membaca diskusi forum pada aussiebloggers. anggotanya sedang membicarakan apakah konten masih memegang kunci utama dalam perkembangan suatu blog? Saya tidak percaya, walaupun Yahoo dan Google mempublikasikan bahwa konten bukanlah hal yang penting. Hal ini sungguh sederhana, kenapa seseorang mesti berkunjung ke blog kamu kalau kamu tidak memberikan sesuatu hal yang baru dan segar? Walaupun usaha pemasaran blog kamu terus dilakukan, hal ini akan menjadi hal yang sia-sia kalau tidak ada yang bernilai atau patut dibaca dari blog kamu. Hal ini juga berlaku untuk website.

Judul: Judul dari suatu postingan

Judul merupakan hal terpenting dalam optimasi. Izinkan saya untuk memberikan sedikit saran bagaimana seharusnya judul postinganmu. Judul haruslah merupakan ringkasan dari postinganmu. Jangan buat judul yang menipu, artinya tidak sesuai dengan isi dari postingannya.

Kata Kunci yang berkaitan dalam isi postingan

Kamu pasti akan membicarakan tentang Monika jika kamu berbicara tentang kepresidenan Bill Clinton. Membicarakan Bill Gates tidak akan menarik bila tidak menyinggung tentang Microsoft atau Windows. Begitulah filosofi dari postingan suatu blog, Konten akan lebih bermakna dan bernilai jika memiliki kata kunci yang terkait dengan hal yang dibicarakan.

Link Eksternal kepada website/blog yang berkualitas

Jangan pernah malu untuk menyertakan link eksternal dari suatu website/blog yang menjadi inspirasi kamu, misalnya seperti cosaaranda.com, albachtimi wordpress dan maseko.com. hal ini memberikan petunjuk kepada pengunjung blog kamu, bahwa kamu telah melakukan penelitian atas hal yang kamu tulis.

Link Internal

Page Rank Wikipedia yang begitu tinggi merupakan contoh yang baik dari link internal. Link internal memberikan kesempatan dan kemungkinan yang besar kepada pengunjung blog kamu untuk lebih lama berada dan mengeksploitasi blog kamu. Related post pada akhir dari suatu postingan merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan google analytics factor yang disebut “time spent on site”.

Sumber Masuk | Kata Kunci Masuk

Dari link yang mana pengunjug datang? Apakah ada keterkaitan antara halaman yang dikunjungi? Apakah pengunjung datang dari link eksternal (inbound links) atau halaman dari blog yang sama? Teks (anchor text) yang mana yang di klik? Hal-hal tersebut menentukan relevansi dari suatu postingan.

Tagging

Banyak search engine menggunakan metode pencarian tag seperti technorati. Tagging juga sangat penting untuk social bookmarking. Jutaan orang menggunakan situs social bookmarking, seperti Del.icio.us untuk mem-bookmark suatu situs atau halaman. Kata kunci atau keyword yang digunakan oleh orang lain untuk mem-bookmark disebut tag.

0 komentar