Pembaca banyak menanyakan mengenai cara untuk meningkatkan traffic, mereka menanyakan apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan rangking suatu keyword pada Google, apakah menggunakan jasa iklan berbayar dan butuh waktu berapa lama untuk memasarkan suatu blog.

Kepada para pembaca, Saya sering mengatakan bahwa rahasia dari suatu traffic adalah waktu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun suatu traffic, tetapi kesemuanya butuh waktu. Mungkin saja kamu jago dalam hal menulis artikel yang dapat mendatangkan ribuan pengunjung per hari, namun hanya dalam jangka waktu sesaat dan tidak bertahan lama.

Untuk meningkatkan traffic blog yang bertahan lama, kita harus melihat bagaimana para pembaca datang ke blog kita: apakah secara langsung, melalui referral atau berasal dari hasil pencarian pada search engine?

Datang secara langsung

Yang termasuk ke dalam kategori di atas adalah para pembaca yang datang secara teratur ke suatu blog, para pembaca yang dengan teratur memberikan komentar di suatu blog, seseorang yang kamu ketahui dan pada umumnya orang-orang yang mengingat brand kamu. Orang-orang yang masuk kategori ini adalah orang-orang yang langsung mengetikkan alamat URL blog kamu pada address bar, orang-orang yang telah mem-bookmark blog kamu atau orang-orang yang menjadikan halaman blog kamu sebagai halaman depan mereka.

Dalam rangka untuk meningkatkan traffic dari sumber ini, maka dibutuhkan konten yang berkualitas yang dibutuhkan orang dan brand yang kreatif yang dapat membuat pembaca mengingat blog kamu. Pertama-tama, pembaca mungkin hanya akan membaca satu artikel dari blog kamu dan tidak kembali, tetapi bila mereka kembali dan membaca berkali-kali artikel lainnya yang tentunya patut dibaca dan informatif, maka tunggu saja orang tersebut untuk menjadi subscriber blog kamu dan akan terus kembali lagi dan lagi.

Melalui Referral

Traffic dengan tipe seperti ini adalah yang terbaik dan sering memberikan kepuasan kepada para pemilik blog. Memiliki link dari blogger lainnya adalah seperti seseorang yang memberitahukan bahwa artikel kamu adalah artikel yang dipercaya oleh pembaca akan memberikan sesuatu hal yang berguna dan menarik. Link pada blog lain juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pembaca baru karena brand dari blog kamu tersebar kemana-mana. Pada awalnya kamu tidak akan mendapatkan traffic dari referral, sehingga perlu waktu bagi para blogger lainnya untuk mengingat dan datang kembali ke blog kamu.

Kecuali kamu adalah seseorang yang terkenal atau memiliki anggaran yang besar untuk ber-iklan, kamu tidak akan membutuhkan traffic yang berasal dari referral. Apabila tidak, bersabarlah karena perlu waktu untuk membangun jaringan dan perlu lebih banyak waktu untuk mendapatkan link dari para blogger lain.

Kuncinya adalah jangan kehilangan kesabaran pada awalnya dan terus tulis artikel berkualitas. Pada akhirnya, blogger lain akan memperhatikan atikel-artikel kamu dan link akan mengalir dengan sendirinya ke blog kamu.

Traffic dari Hasil Pencarian

Sisi ini adalah sisi dimana semua orang menghabiskan banyak waktu dalam melakukan optimasi blog dimana sesungguhnya waktu jualah yang merupakan peng-optimasi terbaik. Rangking search engine adalah hal yang sungguh kompleks, tetapi sedikit banyak berdasarkan kepada:

1. Sumber traffic lain;
2. Jumlah link dari suatu blog atau artikel;
3. Berapa lama umur suatu link;
4. Berapa lama suatu blog telah ter-index pada search engine.

Factor-faktor tersebut di atas mempengaruhi rangking dari suatu keyword seperti yang telah dijelaskan di atas baik secara langsung ataupun tak langsung bergantung kepada waktu. Mustahil untuk mendapatkan inbound link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu seketika (search engine akan menandai situs kamu apabila hal ini terjadi), kecuali kamu dapat memanipulasi formula dari pe-rangking-an search engine.

Kesimpulannya

Kamu akan selalu menemui suatu site/blog yang mendapatkan atau memiliki jumlah pengunjung yang mengagumkan, tetapi kamu perlu tahu apa yang telah mereka lakukan untuk mendapatkan semua itu (koneksi, anggaran, dll), yang kamu perlu lakukan adalah terus menulis konten yang berkualitas. Daripada menjadi orang yang tidak sabar, lebih baik dorong diri kamu untuk melakukan yang terbaik dengan site/blog kamu, percayalah suatu saat orang-orang akan memperhatikan tulisanmu.

1 komentar
  1. Gadged 6/12/09 09:15  

    ya hanya dengan kesabaran semuanya dapat tercapai ..
    thanks mas artikel anda memberikan semangat baru bagi saya ...karena sudah 1 tahun lebih saya mendalami dunia blogging tapi hasil yang saya dapat belum memuaskan...
    dengan artian pengunjung masih dibawah 50 perhari dan earning adsense tidak samapai 1 dollar perhari...tapi saya akan terus berusaha hingga saya bisa suksess