Buatlah Laporan Kemajuan

Kamu seringkali melihat ini pada blog-blog Make Money Online dimana mereka membuat ini sebagai target untuk menghasilkan laporan penghasilan yang didapat setiap bulan. Orang suka untuk membaca laporan kemajuan karena memberikan mereka semangat untuk dapat melakukan hal yang serupa dengan yang kamu capai. Selain itu, laporan kemajuan ini dapat kamu jadikan suatu bahan telaahan atau alat control dimana kamu bisa melihat kemajuan yang kamu capai dan menganlisis bagian mana yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

Belajar dari Kesalahan Orang Lain

Selalu perhatikan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan oleh orang lain yang lebih berpengalaman dalam dunia blogging. Hal ini akan lebih menghemat waktu dan usahamu. Bagaimanapun, kamu harus menyadari bahwa ada hal (strategi mungkin) yang bisa diterapkan dan berhasil oleh orang lain namun tidak dapat digunakan oleh kamu.

Nikmati Dunia Blogging

Mungkin kita telah terperangkap oleh kegiatan perencanaan dan promosi sehingga melupakan kesenangan dari kegiatan blogging itu sendiri. Ketika saat-saat kamu meng-update blog menjadi sebuah beban, maka kamu kemungkinan besar merasa kegiatan blogging kamu sia-sia dan terasa berat. Jangan pernah kegilangan semangatmu dalam ber-blogging. Jika diperlukan, istirahat dulu dan bersenang-senanglah mungkin dengan keluargamu, temen-temenmu, dan perhitungkan lagi segala sesuatunya.

Buatlah Video Blogging

Usahakan untuk membuat sebuah video mengenai kegiatan blogging kamu jika mungkin. Hal ini sangat direkomendasikan jika kamu merencanakan untuk membuat sebuah tutorial. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan dan audiens akan dengan mudah mengikutinya.

Podcasting

Metode blogging yang satu ini sangatlah efektif ketika kamu melakukan interview. Adalah suatu hal yang membosankan ketika kamu membaca hasil interview dari buku catatan, apalagi kalau catatannya panjang.

Buatlah suatu list point

Suatu list point dengan bullet atau numbering sangat mudah diakses! Kenapa? Karena dengan metode ini sangat mudah untuk mengambil intisari atau point penting dari suatu informasi.

Buatlah Judul Yang Menarik

Sangat jelas, hal inilah yang akan dilihat oleh para pembaca blog kamu, jadi dapatkan perhatian dan ketertarikan mereka. Judul juga mempengaruhi rangking blog kamu di search engine, jadi usahakan untuk selalu memasukkan kata kunci (keywords0 yang kamu coba optimasi.

Sertakan Gambar Dalam Postingan

Gambar meningkatkan kualitas suatu postingan, mendapatkan perhatian, dan mengarahkan penglihatan pembaca kamu ke bagian postingan.

Kepadatan Kata Kunci (Keyword Density)

Kenapa harus membuat pembaca kamu bosan dengan postingan yang memiliki 1000 kata? Postingan blog yang ringkas namun jelas tentang suatu subyek berarti memiliki tingkat kepadatan kata kunci yang tinggi. Postingan yang kaya akan kata kunci dari judul postingan membuat search engine dapat dengan mudah mendapatkan gambaran umum dari blog kamu dan meningkatkan keunggulan kata kunci kamu.

Manfaatkan Penggunaan Tags

Penggunaan tag adalah sebuah cara untuk meningkatkan kemungkinan postingan kamu ditemukan oleh orang yang mencari topic yang sesuai dengan postingan kamu di blog.

Mintalah Partisipasi Dari Pembaca

Prinsip ini cukup sederhana, tanyakan kepada pembacamu mengenai hal-hal apakah yang ingin mereka baca. Jika kamu ingin mengeluarkan sebuah produk, tanyakan keinginan mereka dan penuhi.

Umpan Balik (Feedback)

Beri tanggapan atas komentar pembaca kamu dan berikan umpan balik. Berdiskusilah dengan mereka, apresiasi mereka akan hal ini akan terlihat dengan kunjungan yang berikutnya ke blog kamu.

Bermurah Hatilah

Hal ini dapat merubah sesuatu hal – berikan nasehat dapat berupa seperti blog konsultasi, layanan gratis, pokoknya bermurah hatilah. Kamu akan mendapatkan bahwa kemurahan hati pada orang lain adalah hal yang sangat luar biasa dan cara yang sangat mudah untuk membangun hubungan jangka panjang.

Kontes

Apakah kamu memberikan sponsor untuk suatu kontes atau kamu mengikuti sebuah kontes, dipastikan kamu akan mendapatkan traffic, subscriber dan backlink dalam prosesnya, dijamin bo.

Jangan Berlebihan Dalam Pemasaran

Saya yakin kebanyakan dari kita para blogger pasti ingin mendapatkan uang dari blog, tetapi pastikan kamu tidak melakukannya dengan berlebihan. Jika kamu melakukan terlalu banyak kegiatan pemasaran di blog kamu, pembaca akan terganggu sehingga kamu kehilangan subscriber.

1 komentar
  1. BUKU HITAM 21/9/08 04:16  

    makasih tipsnya, saya kira si mas RIEAND (teman satu net saya) bohong, ternyata blognya memang bagus dan isinya sangat bermanfaat buat saya yang baru mulai belajar ngeblog. Perbanyak contentnya ya mas/mba