Apakah kamu memiliki “halaman link” pada website/blog kamu? Okay, sekarang pikirkan tentang perubahan. Cara terbaik dan efektif untuk memiliki link berkualitas adalah dengan menggunakan link kontekstual.

Apa yang dimaksud dengan link kontekstual? Jawabannya sangat sederhana…. Yaitu dengan membuat link yang ditempatkan pada konten halaman kamu yang ada, halaman tersebut haruslah yang memiliki content yang berkualitas.

Lupakan halaman-halaman dimana kamu memberikan banyak link ke berbagai sumber. Bahkan dengan mengklasifikasikan halaman-halaman tersebut ke dalam berbagai kategori tak akan banyak memberikan bantuan (kecuali web site kamu adalah sebuah direktori). Tak ada konten dari halaman-halaman link tersebut yang membuat search engine menyukainya. Pertanyaannya, siapakah yang bersedia untuk mengunjungi halaman link tersebut? Kungkin saja tak ada seorangpun. Lakukan penelitian dan kamu akan mengerti.

Sebuah link teks yang sederhana normalnya terdiri dari beberapa kata kunci (anchor words) yang terhubung ke website yang dituju. Jumlah link pada kata kunci janganlah terlalu berlebihan. Perlu diketahui bahwa link kontekstual memiliki kualitas yang tinggi. Search engine akan menilai link tersebut karena konten dari halaman kamu, juga menilai kualitas dari isi halaman yang kamu hubungkan.

Kamu dapat memintawebsite/blog lain untuk menyertakan link halaman kamu ke dalam website/blog mereka dengan memberitahukan bahwa kamu udah membuat link ke halaman website/blog mereka di halaman website/blog kamu, tapi perlu diperhatikan bahwa mereka akan menolak permintaan kamu kalau halaman kamu belum terindeks di dalam search engine besar. Kenapa? Karena tidak ada seorangpun yang akan menemukan link halaman mereka. Jadi pastikan bahwa website/blog kamu telah terindeks. Bagaimana caranya untuk mengetahui?

Ketikkan URL website/blog kamu ke Google search engine. Apakah situs/blog kamu tampil? Jika iya, maka kamu udah terindeks.

Juga pastikan situs/blog yang kamu minta untuk menyertakan link kamu udah terindeks. Untuk mengetahuinya, lakukan hal yang sama dengan mengetikkan URL situs/blog yang kamu inginkan ke dalam mesin pencari, jika belum terindeks, lupakan aja mereka dan cari yang lain.

Memiliki link kontekstual dapat menjadi jalan yang bagus untuk meningkatkan traffic situs/blog kamu. Hasil dari kontekstual sangatlah jitu dan relevan dengan niche situs/blog kamu.

Ingatlah selalu bahwa teks yang relevan sangatlah penting. Tentu kamu tidak menginginkan untuk menjual motor namun mendapatkan link dari perusahaan printer. Pasti kamu menginginkan link dari perusahaan yang bergerak di bidang yang sejenis, semisal perusahaan ban, sparepart, aotomotif. Bukan begitu?

Saya akan memberikan sedikit contoh dari link kontekstual yang bermutu:

Aku sangat suka dengan kegiatan blogging dan usaha untuk meningkatkan traffic blog. Untuk itu aku banyak membaca dari berbagai sumber dan membeli buku tentang ini seperti Advanced SEO Technic yang memberikan banyak informasi mengenai berbagai cara untuk meningkatkan traffic.

Kata “Advanced SEO Technic” adalah sebuah link kontekstual, link yang relevan dengan konten dari artikelnya.

Membuat link kontekstual akan memberikanmu lebih banyak traffic yang berkualitas dan meningkatkan manfaat dari situs/blog kamu. Jadi lakukanlah.

0 komentar